Thursday, October 2, 2014

Green marketing

Nama : Rintan Puspitasari NIM : 44312110039 Tugas : Usaha yang menjalankan green marketing Dosen : Ibu Lily Perusahaan : PT. Tupperware Indonesia Produk : Tupperware Dari seluruh sampah plastik, bekas kemasan dan tak kresek merupakan yang paling banyak, mencapai 90 persen. Persoalan makin serius karena masyarakat membuat sampah plastik bekas kemasan dan bekas tas kresek tersebut di sembarang tempat— di got, di saluran air, di pantai, di laut, di jalanan, di halaman sekolah dan halaman rumah, di mana saja ( sumber Tupperware Green Living ) Upaya pemasaran peduli lingkungan yang dilakukan oleh Tupperware diantaranya : 1. Mempromosikan produk yang ramah lingkungan Tupperware memperkenalkan produk- produk yang ramah lingkungan, karena dari awal, plastik selalu dianggap sebagai produk yang paling lama terurai, padahal banyak dari kita yang tergantung dengan kemasan plastik. Berawal dari sinilah, Tupperware memperkenalkan produk- produk yang ramah lingkungan( contoh : Eco bottle ), bergaransi seumur hidup, jadi kita tidak perlu mencemari lingkungan dengan limbah plastik, karena Tupperware bisa membuat kita beralih dari tergantung terhadap plastic, maupun kemasan makanan sekali pakai, ke produk Tupperware yang ramah lingkungan , dan bisa digunakan seumur hidup. 2. Periklanan ramah lingkungan Mungkin sebagian besar dari kita sudah cukup familiar dengan produk- produk Tupperware, medkipun iklannya di televisi ( TVC ) sangat terbatas, namun dari catalog-katalognya bisa kita lihat Tupperware banyak menggunakan setting latar taman yang hijau bersih, pantai yang bersih, rumah yang bersih. Dan dikatalognya , Tupperware memberikan sedikit info dan tips yang menyarankan agar kita bisa menjalani hidup yang lebih hijau. Selain itu Tupperware mewajibkan karyawannya untuk menggunakan produk ini sebagai cara untuk mendukung gerakan Go Green ( re-use, re-duce, re-cycle ) 3. Kemasan Tupperware adalah produk yang reusable, karena ketika produk ini rusak , kita bisa mengembalikan dan menukarnya dengan yang baru, sehingga dengan membeli Tupperware kita juga berperan dalam menjaga lingkungan kita, mengurangi jumlah sampah karena tumpukan plastik pembungkus maupun kemasan stereofoam. Hal ini bisa kita lihat dari produk Eco Bottle yang dikeluarkan oleh Tupperware, produk ini bisa membuat kita mengurangi kebiasaaan membeli minuman botol dan menambah jumlah sampah botol minum, sehingga dengan menggunakan Eco bottle diharapkan kita akan lebih hijau pada lingkungan, yaitu dnegan menggunakan produk yang bisa dipakai berulang kali dan bisa didaur ulang. 4. Logo Persetujuan Dalam kemasan Tuppeware yang sudah mendukung eco label, bisa kita lihat dari tutup botol beberapa botol minum produk Tupperware ( ada logo Eco ) , dan beberapa logo segitiga dengan tulisan angka 2-5 5. Program berorientasi Sebab Tupperware juga beberapa kali melaksanakan acara yang mendukung gerakan hijau, mulai dari program Think Green It’s Fun , Tupperware smart shopper, yaitu program yang mendukung pengurangan sampah plastik kemasan, Karena kita disarankan untuk menggunakan memakai Tupperware sebagai penyimpan dan pembungkus daging, ayam , seafood, makanan olahan, dan makanan siap saji yang kita beli , Lomba Foto dan Cerita Inspirasi Hijauku, Green Living Competition.

No comments:

Post a Comment